Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pengertian Seni Rupa dan Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia (Revisi)

seni rupa | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan pengertian seni rupa dan seni rupa dalam kehidupan manusia. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dan anak didik dalam mencari referensi tentang pengertian seni rupa dan seni rupa dalam kehidupan manusia. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi pokok pembelajaran seputar pengertian seni rupa dan seni rupa dalam kehidupan manusia yang diberikan.

Pengertian Seni Rupa dan Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia (Revisi)

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa dengan jenis seni lain intinya adalah sama yaitu sama-sama buatan manusia yang mengandung ekspresi dan atau keindahan. Namun, seni rupa utamanya dinikmati oleh indra penglihatan. Hal yang dinikmati dalam seni rupa adalah sepert apa yang telah diuraikan sebelumnya, yakni kualitas unsur-unsur rupa yang disusun dan memiliki kualitas harmoni, kesatuan dan ekspresi. Jadi seni rupa adalah seni yang nampak oleh indra penglihatan dan wujudnya terdiri dari unsur rupa berupa titik, garis, bidang atau ruang, bentuk atau wujud, warna, gelap terang, dan tekstur. 

Seni rupa dapat sebagai properti pendukung jenis seni lainnya seperti seni tari dan teater. Apabila membahas kedua jenis seni tersebut juga tidak lepas membahas aspek seni rupanya. Berdasarkan wujud dan bahannya seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensional dan seni rupa tiga dimensional. Selanjutnya berdasarkan jenisnya seni rupa terdiri dari beberapa cabang seni yakni seni lukis, seni grafis, seni patung, seni dekorasi, seni komunikasi visual, dan seni kriya atau seni kerajinan. Pada saat ini seni kriya berkembang menjadi seni kriya murni dan seni kriya terpakai. Dalam buku ini tidak dibahas masing-masing cabang seni tersebut karena cakupannya sangat luas.

Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia

Kehadiran seni rupa dalam kehidupan manusia telah terjadi sejak zaman purba ketika ma-nusia masih hidup di gua-gua hingga saat ini. Hal itu membuktikan bahwa seni rupa melekat dalam kehidupan manusia. Seni rupa hadir hampir di setiap sektor kehidupan manusia, seperti dalam kegiatan agama, politik, ekonomi, teknologi, dan ke-manapun kita pergi seni rupa selalu ada. Dalam kehidupan rumah tangga misalnya, peralatan dapur, pakaian, kamar mandi, halaman rumah, topeng, jam tangan, semuanya tersentuh oleh seni.

Dalam acara televisi maupun di jalanan banyak kita jumpai seni reklame. Pada benda yang kita lihat itu semua memiliki sentuhan keindahan. Seni rupa dalam kehidupan sehari-hari, menurut Malvin Rader merupakan salah satu bagian yang penting dalam kehidupan manusia. Misalnya, aktivitas makan sebagai salah satu kebutuhan dasar manusia dikelilingi oleh berbagai keindahan seni. Perhatikan sendok, garpu, piring, dan gelas minum yang digunakan, pada alat-alat tersebut terdapat unsur-unsur seni yang menyertainya. Pada proses pembuatannya salah satunya menggunakan pertimbangan keindahan selain kenyamanan dan keamanan bagi penggunanya.

Dalam kegiatan sehari-hari, orang pada zaman sekarang menggunakan pakaian dan aksesoris di tubuhnya yang selalu menggunakan pertimbangan keindahan, agar yang menggunakannya merasa percaya diri dan bangga terhadap apa yang dikenakannya. Perhatikan arloji, sepatu, baju, celana, gaun, bros, cincin, tidak satupun benda tersebut dalam wujud fisiknya tidak menggunakan sentuhan keindahan. Sama halnya dengan aktivitas tidur memerlukan berbagai produk seni seperti selimut, sarung bantal, sprei, bed cover, tempat tidur, lampu, dan lain sebagainya.

Begitu pula ruang tamu, pemilik rumah pasti menginginkan tampilannya seindah mungkin dengan diberi lukisan pada dindingnya, vas bunga di meja, maksudnya adalah agar dapat menyenangkan perasaan orang yang melihatnya. Dengan demikian, seni rupa tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sehari-hari dan merupakan bagian yang integral dengan kebutuhan biologis manusia. Semakin modern peradaban manusia, semakin banyak produk seni rupa yang diinginkannya untuk meningkatkan kualitas hidupnya, sehingga masa depan seni tidak akan pudar selama manusia masih memiliki rasa keindahan untuk dipuaskan, selama manusia menginginkan untuk mendengar dan melihat sesuatu yang menyenagkan dan menenangkan pikiran dan perasaannya.

Seni dalam kehidupan beragama

Hubungan seni dan agama memiliki sejarah yang paling tua, mulai dari kepercayaan manusia yang paling sederhana yaitu magi, berkembang menjadi animisme, hingga menjadi agama seni terus mengiringinya. Di dalam theory magi and religi diuraikan bahwa timbulnya seni karena adanya dorongan-dorongan gaib. Salmon Reinoch mengatakan, bahwa kehadiran seni digunakan untuk mendapatkan tenaga-tenaga gaib bagi kepentingan berburu. Lukisan pada zaman prasejarah yang ada di gua-gua mengilustrasikan, bahwa sebelum berburu binatang orang pada zaman itu melakukan upacara menusuk-nusukkan tombaknya pada lukisan binatang di dinding gua itu. 

Maksudnya untuk mendapatkan tenaga gaib agar ia berhasil menangkap binatang buruannya. Dalam perkembangan berikutnya, yaitu sistem kepercayaan yang disebut animisme, bahwa benda-benda memiliki roh, seni berkembang pula menjadi lukisan dan patung tentang roh-roh manusia, hewan, dan roh alam. Selanjutnya ketika evolusi kepercayaan manusia tentang spiritualitas berkembang menjadi agama wujud seni semakin dibutuhkan sebagai representasi kepercayaan atau keagamaan manusia dalam bentuk patung-patung atau lukisan-lukisan dua dimensional. Pada masa Mesir Kuno misalnya, merupakan gambaran pemujaan terhadap para dewa. Begitu pula dalam peradaban India dan China kuno, perwujudan seni sangat erat kaitannya dengan pemujaan terhadap para dewa.

Di India meditasi merupakan kegiatan spiritual dalam mengontrol pikiran untuk dipusatkan kepada manifestasi kekuasaan Tuhan. Sarana untuk pemusatan pikiran disebut dengan yantra dapat berupa gambar abstrak geometris dapat pula dalam bentuk yang realistik berupa patung dewa.Namun dalam peradaban modern pun seringkali seni berkaitan erat dengan keagamaan. Perhatikanlah kegiatan setiap agama, tentu ada unsur seni yang digunakan agar kegiatan keagamaan yang dilakukan terasa tidak ‘gersang’.

Hubungan seni dan agama tidak hanya terdapat dalam seni rupa, tetapi hampir dalam seluruh cabang seni selalu berkaitan dengan agama. Dalam menyuratkan ayat-ayat suci Al-Quran melahirkan seni kaligrafi, karena dalam ajaran Islam tidak diperbolehkan menggambarkan mahluk hidup, maka perkembangannya dalam seni rupa Islam adalah dalam bentuk ragam hias atau ornamen untuk menghias mesjid.

Dalam agama Hindu Dharma seni dan agama seakan tidak dapat dipisahkan karena saling memberi. Seni mendapat inspirasi tematik dari agama, sedang agama menggunakan seni untuk meng-artikulasikan paham atau ajaran-ajarannya sehingga mudah dipahami oleh masyakat luas dan menyenangkan. Selain itu kegiatan seni merupakan perwu. Patung Budha dalam sikap Dyana Mudra judan bhakti pemeluk Hindu kepada Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Misalnya, seni sesaji selain berfung sebagai yantra juga sebagai perwujudan bhakti umat Hindu untuk mempersembahkan kembali apa yang telah dianugrahkan oleh Tuhan kepada umat manusia sehingga sesaji mengandung segala jenis hasil bumi yang disusun secara indah. Maka seni dalam hal ini juga mengandung etika. Dengan demikian setiap kegiatan ritual dalam.

agama Hindu tidak dapat lepas dari kegiatan berkesenian, hampir seluruh seni terlibat dalam ritual yang berskala besar. Hal ini menyebabkan artefak seni dalam Agama Hindu sangat banyak. Di dalam Agama Budha, Konghucu dan Nasrani penggunaan seni dalam kegiatan keagamaan juga sangat banyak. Di Candi Borobudur misalnya, ada ribuan relief dan patung yang menggambarkan kehidupan Sidharta Gautama dan Budha sedang melakukan meditasi. Dari segi anatomi plastis, patung tersebut mengalami penyederhanaan, yang tujuannya mungkin untuk lebih menggambarkan suasana yang kontemplatif waktu meditasi dibanding-kan keceriaan duniawi.

Dalam gereja banyak dijumpai lukisan relief dan patung yang menggambarkan kehidupan para nabi termasuk kehidupan Yesus Kristus. Hal ini nampak sekali dalam geraja-gereja zaman Renaissance di Eropa. Misalnya pada langit-langit Gereja St. Chapel digambarkan oleh Michel Angelo ketika Nabi Adam diperintahkan Tuhan turun ke bumi karena tidak mau mengikutikan larangan-Nya. Dalam gambar tersebut nampak ekspresi memelas nabi Adam dan ketegangan pertemuan antara telunjuk Nabi Adam dengan telunjuk petugas Ilahi yang menurunkannya ke bumi. Tema keagamaan sangat kuat mengilhami penciptaan karya-karya seni yang abadi, tak terkecuali di Indonesia seperti halnya wayang yang sarat dengan falsafah kehidupan, sekarang dijadikan sebagai peninggalan warisan kebudayaan manusia yang bernilai tinggi. Kisah Ramayana diungkapkan dalam bentuk wayang menggambarkan kesetiaan seorang wanita bernama Dewi Shinta kepada suaminya Ramawijaya.

Dalam epos Mahabarata dimensinya sangat luas karena dapat dipandang dari berbagai sudut padang falsafah kehidupan. Misalnya, sifat taat kepada perintah guru dalam lakon Dewa Ruci, yaitu ketika Bima diminta mencari air amerta oleh gurunya yang mustahil untuk diperoleh, tetapi Bima dengan tekad yang sangat kuat ia harus men-dapatkannya. Bima sangat percaya kepada gurunya. Wayang kulit Jawa: Hanuman dan Dewi Shinta taruhkan jiwa dan raganya. Akhirnya ia berhasil mendapatkan apa yang dinginkannya. Lakon ini juga memiliki dimensi tentang simbolisasi pencarian jati diri seseorang dalam mendaki kehidupan spiritual yang penuh dengan rintangan dan berbahaya. Perhatikan perjalanan Bima ke 28taruhkan jiwa dan raganya. 

Akhirnya ia berhasil mendapatkan apa yang dinginkannya. Lakon ini juga memiliki dimensi tentang simbolisasi pencarian jati diri seseorang dalam mendaki kehidupan spiritual yang penuh dengan rintangan dan berbahaya. Perhatikan perjalanan Bima ke hutan, ke gunung dan terakhir ke laut. Semua perjalanan tersebut meng-gambarkan pencarian melalui perbuatan tulus dan menyelam ke dalam lautan pikiran yang penuh dengan gejolak. Namun karena keteguhan hati dan dalam bimbingan hati nurani yang tulus dan suci, semuanya dapat diatasi dan sang diri bertemu dengan diri sejati yang dilambangkan dengan Dewa Ruci yang kecil dengan bentuk fisik sama dengan Bima berada dalam hati sanubarinya, namun Bima yang besar dapat masuk ke dalam tubuhnya dan di sana Bima dapat menyaksikan kejadian di alam semesta.

Seni rupa dalam aktivitas ekonomi

Seni dapat menjadi sebuah produk yang penting dalam kegiatan ekonomi. Beberapa negara di Asia telah menempatkan produk seni sebagai penghasil devisa negara yang dapat diperhitungkan. Negara Cina misalnya membangun pusat kegiatan dan pemasaran produk seni secara besar-besaran. Di dalam sejarahnya, perubahan sosial dalam suatu negara biasanya dimotori golongan kelas menengah ke atas. Begitu pula dalam perkembangan seni, menyebabkan lahirnya bentuk seni yang cocok dengan selera mereka. Sebagai komunitas yang mapan dari sisi ekonomi, mereka dapat mengendalikan kecenderungan bentuk seni sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Aktivitas seni rupa dan ekonomi pada saat ini semakin semarak, karena memiliki hubungan sangat dekat dengan pencitraan suatu produk. Misalnya, seni reklame memegang peran yang sangat penting untuk promosi dan pemasarannya. Tanpa sentuhan seni, kegiatan promosi tidak akan menarik, sehingga perusahan-pe-rusahaan tidak ragu mengeluarkan dana yang besar guna mempromosikan hasil produksinya melalui seni rupa dalam bentuk iklan di majalah, surat khabar, TV dan bahkan melalui Internet yang harga tayangnya jauh lebih murah dan lebih efisien dibanding dengan media lainnya. 

Pada saat ini orang dapat melakukan transaksi dari rumah dan tidak harus datang langsung ke tempat penjualan barang di toko atau super market. Dengan melihat tayangan di internet yang meyediakan segala jenis barang kebutuhan terutama barang non-makanan orang dapat memesannya dan dalam beberapa waktu dapat diterima di rumah. Pembayarannya pun tidak dalam bentuk tunai karena dilakukan melalui internet. Perkembangan teknologi ini diprediksi akan mengubah budaya dan peradaban manusia secara radikal karena kegiatan dapat dilakukan secara maya melalui teknologi informasi tersebut.

Seni rupa dalam kehidupan politik

Politik merupakan bagian yang penting dalam kehidupan manusia, sehingga mempengaruhi terhadap sektor kehidupan lainnya. Seni rupa dalam kehidupan politik di Indonesia, pernah pada tahun 1950-1960an dimanfaatkan oleh partai-partai untuk menggalang masa. Mereka mendirikan organisasi-organisasi kesenian. Misalnya Partai Komunis Indonesia menggunakan para seniman untuk tujuan-tujuan politik mereka, dengan mendirikan organisasi politik seperti Lekra yang muncul sebagai bagian dari kepentingan kekuasaan dari partai komunis saat itu. Sehingga pada waktu pemberontakan G30S/PKI banyak seniman seni rupa ditangkap dan dipenjarakan.

Pada saat ini, partai politik tidak mendirikan organisasi-organsasi kesenian seperti tahun 1950an, tetapi masih melibatkan seniman guna mencapai tujuan politiknya. Misalnya dalam seni komunikasi grafis, sebagai cabang seni rupa, banyak terlibat dalam pembuatan poster, spanduk, kaos dan atribut partai lainnya. Dalam hal ini seni rupa dalam politik bukan sebagai bagian ideologi partai tetapi mendukung promosi program partai yang disampaikan kepada masyarakat secara visual. Senimannya pun tidak terlibat secara intens dalam kegiatan partai.

Selain seni rupa dimanfaatkan oleh partai, seni rupa juga banyak digunakan oleh rezim pemerintah yang berkuasa. Pada zaman Orde Lama hingga Orde Baru seni rupa khususnya seni patung, banyak digunakan untuk memperingati kejadian bersejarah. Patriotisme para pejuang dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari cengkraman penjajahan Belanda dan Jepang, tokoh negarawan, serta nilai-nilai kemanusiaan diwujudkan sehingga pada kedua zaman itu banyak didirikan patung monumen terutama di ibukota negara dan hampir di seluruh ibukota provinsi dan kabupaten.

Seni rupa dalam pendidikan

Dalam konsepsi pendidikan, secara teoretik gambaran tentang manusia Indonesia telah tertuang secara jelas dalam rumusan tujuan Pendidikan Nasional Indonesia, yakni membentuk manusia seutuhnya lahir dan batin. Dalam dunia pendidikan ada empat aliran yang berhubungan dengan pengembangan pendidikan khususnya pendidikan seni.

Pertama, faham progressivisme yakni suatu paham dalam pendidikan yang menekankan pada kebebasan, keaktifan dan kreativitas; essensialisme memandang bahwa budaya hanya me-rupakan salah satu dimensi dalam kehidupan manusia. Selanjutnya, perenialisme menekankan bahwa akal budi manusia mempunyai kedudukan yang amat penting, sehingga aktivitas pendidikan perlu mengupayakan perkembangannya seoptimal mungkin. Dalam aliran ini guru dipandang memiliki kedudukan sentral. Terakhir, rekonstruksionisme memandang manusia sebagai mahluk sosial. 

Manusia tumbuh dan berkembang dalam kaitannya dengan proses sosial dan sejarah perkembangan masyarakat. Dalam kaitan ini pendidikan memiliki peran penting untuk mengadakan pembaharuan dan pembangunan masyarakat. Dengan demikian, pendidikan seni memiliki keterkaitan dengan paham tersebut terutama dengan paham progresif yang me-mentingkan kebebasan, keaktifan dan kreativitas, sebab karakteristik kegiatan seni tidak dapat lepas dari sifat tersebut. Melalui pendidikan seni diharapkan dapat melahirkan generasi yang kreatif, memiliki kecerdasan dan kehalusan budi dalam mengantisipasi perubahan yang terjadi di masyarakat sebagai yang diharapkan oleh paham perenial dan rekonstruksi.

Alam ini dipenuhi dengan berbagai jenis mahluk hidup, salah satunya adalah manusia. Dalam menjalani kehidupannya manusia berbeda dengan mahluk hidup lainnya. Manusia hidup dengan kemampuan cipta, rasa, dan karsanya, sedang mahluk lainnya hidup dengan menggunakan nalurinya. Dengan kemampuan yang dimilikinya itu manusia mampu menciptakan apa yang menjadi kebutuhannya. Seni lahir karena kebutuhan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui berbagai jenis media yang berhubungan dengan pancaindera media yang dapat dilihat, didengar, diraba, dibau, dan dikecap yang kemudian bermuara pada rasa dalam hati atau kalbu. Kelima indera yang dimiliki manusia itu dilihat, didengar, diraba, dibau, dan dikecap yang kemudian bermuara pada rasa dalam hati atau kalbu. 

Kelima indera yang dimiliki manusia itu ingin dipuaskan. Untuk keperluan itu manusia mengubah dan menyusun kualitas material dari yang berkualitas ’apa adanya’ menjadi memiliki kualitas berbagai jenis rasa. Kemudian nilai rasa tersebut (terutama yang berhubungan dengan pendengaran dan penglihatan) oleh para ahli estetika disebut sebagai rasa keindahan the sense of pleasurable ralation is the sense of beauty (Read, 1972 : 18), sehingga lahirlah seni rupa, seni musik, seni tari, seni teater, seni sastra. Hal-hal yang membuat manusia mampu mengungkapkan pikiran dan perasaannya dalam wujud karya seni disebabkan sejak lahir manusia telah dibekali dengan kemampuan untuk itu. Jadi pada dasarnya semua indera manusia ingin dipuaskan, penglihatan melalui mata, pendengaran melalui telinga, penciuman melalui hidung, pengecap melalui lidah, peraba melalui tangan. Hanya pemuasan melalui mata, dan pendengaran baru disebut seni, sedang pemuasan melalui indera lainnya seperti hidung, lidah, dan telapak tangan belum dapat dikatakan sebagai seni.

Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Seni Rupa dan Seni Rupa dalam Kehidupan Manusia (Revisi)