Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Produk Kerajinan dari Bahan Eceng Gondok | Prakarya SMP Kelas VII 2019

Daftar Isi [Tampil]
Kerajinan Eceng Gondok | Kali ini admin akan membagikan referensi tentang produk kerajinan dari bahan eceng gondok dalam pembelajaran prakarya kelas VII semester 1. Semoga apa yang admin bagikan ini dapat membantu anak didik dalam mencari bahan tugas tentang produk kerajinan dari bahan eceng gondok. Dan harapannya apa yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Produk Kerajinan dari Bahan Eceng Gondok | Prakarya SMP Kelas VII 2019

Tanaman eceng gondok bisa dibuat berbagai kerajinan tangan karena memiliki serat yang cukup kuat. Agar mudah dibentuk, eceng gondok sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini disebabkan eceng gondok merupakan tanaman basah yang hidup di permukaan air. Sebelum dikeringkan, eceng gondok harus dipilih terlebih dahulu mendapatkan batang eceng gondok yang sudah tua. Selanjutnya penjemuran dilakukan selama kurang lebih minimal tujuh hari dengan cara eceng gondok ditempatkan di atas permukaan tanah sehingga dihasilkan eceng gondok yang bersih, lentur, kering sempurna, tidak tumbuh jamur, serta tidak rusak atau busuk.

Bahan eceng gondok tersebut kemudian diolah menjadi bahan setengah jadi dengan cara dibuat lembaran polos dan diolah dalam bentuk anyaman. Tentunya, proses tersebut dilakukan dengan cara mengepres eceng gondok agar berbentuk pipih. Bentuk eceng gondok yang sudah pipih akan lebih mudah diproses menjadi produk kerajinan dengan teknik berikut.

Teknik Produk Kerajinan  1

Anyaman

Anyaman dibuat dengan cara mengangkat, menumpangtindihkan, atau menyilangkan bahan menjadi lembaran yang bermotif anyaman. Teknik anyaman yang sering digunakan dalam serat eceng gondok adalah anyaman tunggal.

Lembaran atau lempengan

Lembaran dibuat dengan cara mengambil kulit terluar dari bahan, kemudian dipres agar halus dan direkatkan satu per satu pada bahan kertas karton yang lebih keras, kemudian di pres lagi kembali sampai membentuk lembara yang halus.

Pilin atau kepang

Pilin dilakukan dengan cara menjalin atau memilih dua lebih batang eceng gondok kering hingga membentuk pilinan seperti pada ikatan rambut

Tenun

Menenun adalah menyatukan serat/untaian/tali/benang pakan dan lungsi menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM) atau gedogan hingga menjadi lembaran kain yang memiliki tekstur.

Teknik Produk Kerajinan  2

Produk kerajinan yang menggunakan bahan serat berupa eceng gondok ini dapat diterapkan dengan teknik tertentu. Teknik yang diperlukan untuk membuat bahan setengah jadi menjadi produk kerajinan adalah sebagai berikut.

Merakit

Merakit adalah salah satu teknik membuat benda tiga dimensi dengan cara menggabungkan beberapa benda menjadi satu kesatuan yang bisa berfungsi dan bernilai lebih. Merakit bisa dilakukan dengan cara menyusun atau membuat sebuah komposisi dari bermacam-macam material

Kolase

Kolase merupakan teknik menempel berbagai macam bahan selain cat, seperti kertas, kaca, dan logam sehingga dihasilkan sebuah komposisi bentuk yang unik.

Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Produk Kerajinan dari Bahan Eceng Gondok | Prakarya SMP Kelas VII 2019