Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Boneka Gajah Akar Wangi

Daftar Isi [Tampil]
Boneka Gajah | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat boneka gajah dari bahan serat alami menggunakan akar wangi. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat boneka gajah dari bahan serat alami menggunakan akar wangi. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat boneka gajah dari bahan serat alami menggunakan akar wangi.

Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Boneka Gajah Akar Wangi

Pengantar Kerajinan

Boneka gajah yang imut, lucu, dan menarik untuk dijadikan sebagai hiasan. Apalagi, jika boneka tersebut dibuat dai bahan akar wangi yang memberikan kesan alami dan menimbulkan yang cukup harum. Dengan demikian, disamping dapat memperindah ruangan, juga memberikan aroma yang wangi.

Bahan dan Alat

  1. Gunting, cutter, lem tembak, lem kayu, dan penggaris.
  2. Akar wangi, benang, cat lukis

Tahapan Proses Produksi

  1. Pertama-tama, bersihkan akar wangi dari sisa tanah yang masih melekat, kemudian pilihlah akar wangi yang baik. Lalu keringkan dengan bantuan sinar matahari secara langsung.
  2. Setelah dikeringkan, buatlah gumpalan bola badan dan kepala boneka gajah dari akar wangi dengan cara diikat benang yang dilakukan secara berulang-ulang hingga melilit seluruh permukaan gumpalan bola.
  3. Proses pembuatan kaki, belalai, dan ekor boneka gajah dilakukan dengan cara serupa pembuatan badan, yaitu dengan membuat gumpalan atau kumpulan beberapa akar wangi. Keempat kakinya diupayakan agar memiliki panjang yan sama. Langkah selanjutnya adalah menyatukan keempat kaki, kepala, belalai, dan daun telinga pada badan gajah dengan cara dilem tembak dan diikat dengan menjahitnya agar lebih kukuh.
  4. Setelah itu, beri lem pada bagian permukaan pundak gajah dan tempelkan kain berornamen untuk menambah keindahan boneka gajah. Kreasi gajah yang gemuk dan menarik juga ditambahkan beberapa hiasan pada kaki dan kepala gajah menggunakan kuas untuk menambah keindahan boneka.
  5. Setekah dihiasi dengan cat lukis, maka jadilah sebuah boneka gajah yang menarik.

Membuat tempat tisu dari pelepah pisang di link berikut!


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Boneka Gajah Akar Wangi