Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Teknik Membuat Patung | Seni Patung SMP 2019 Revisi

Daftar Isi [Tampil]
prakarya_ Kali ini admin akan membagikan materi tentang teknik membuat patung dalam pembelajaran seni patung. Semoga materi yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bagaimana teknik yang baik dalam membuat seni patung. Dan harapannya materi yang admin bagikan ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi kemajuan belajar anak didik di sekolah. Selamat belajar dan semoga sukses.

Teknik Membuat Patung | Seni Patung SMP 2019 Revisi

Seni Patung

Teknik pembuatan adalah cara-cara yang dilakukan untuk membuat sesuatu. Teknik pembuatan patung merupakan cara-cara yang dilakukan untuk membuat karya patung. Teknik pembuatan karya patung dapat dibedakan menjadi empat, yaitu butsir, pahat, cetak, dan susun.

1. Teknik Butsir

Teknik butsir adalah cara-cara pembuatan karya patung dengan jalan memijat-mijat bahan, mengurangi bahan, dan menambah bahan dengan bantuan alat butsir. Bahan yang dibuat patung dengan teknik ini adalah tanah liat atau plastisin.

2. Teknik Pahat

Teknik pahat adalah cara pembuatan karya patung dengan jalan mengurangi bahan sedikit demi sedikit dengan alat bantu pahat dan palu. Bahan yang dapat dipahat adalah kayu. Bahan yang telah dipahat tidak dapat dikembalikan seperti semula. Oleh karena itu, teknik ini lebih sulit dibanding dengan teknik butsir.

3. Teknik Cetak

Teknik cetak adalah cara pembuatan karya patung dengan jalan membuat cetakan, menuangkan bahan ke dalam cetakan, dan membuka cetakan. Teknik ini dapat digunakan untuk pembuatan karya patung yang bentuk dan ukuran sama dalam jumlah banyak.

4. Teknik Susun

Teknik susun adalah cara pembuatan patung dengan jalan menyusun bahan dari bawah menuju ke atas hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Penyusunan bahan ini dapat dilakukan dengan cara merekatkan bahan menggunakan lem, patri, las, atau lepa.

Langkah-Langkah Membuat Patung

Setelah mengetahui macam corak, bahan, dan teknik untuk membuat patung. Berikut adalah cara membuat karya patung manusia dari bahan platisin.

Bahan dan alat

- Siapkan plastisin 8 balok.
- Siapkan kawat 2 meter.
- Siapkan papan 10 x 10 x 1 cm
- Siapkan butsir seperlunya

Siapkan desain (gambar)

Siapkan gambar patung manusia yang akan dibuat.

Proses membentuk 

- Buatlah kerangka manusia dari kawat di atas papan.
- Ambillah plastisin secukupnya.
- Bentuklah bagian paling bawah terlebih dahulu, yaitu kaki.
- Buatlah bagian kaki dan tungkainya terlebih dahulu.
- Buatlah bagian badan.
- Buatlah bagian kepala.
- Buatlah bagian tangan
- Jika bentuk patung manusia secara utuh sudah jadi, buatlah detailnya bagian perbagian dengan alat bantu butsir.

Penyelesaian akhir

- Haluskan semua permukaan patung menusia dengan jari tangan.
- Jika pekerjaan pembuatan patung sudah selesai, simpanlah di tempat yang aman.

Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Teknik Membuat Patung | Seni Patung SMP 2019 Revisi