Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Kipas Daun Pandan

Daftar Isi [Tampil]
Serat Alam | Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat kipas dari bahan dasar serat alam daun pandan. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat kipas dari bahan dasar serat alam daun pandan. Dan harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami bahan, alat, dan tahapan proses produksi membuat kipas dari bahan dasar serat alam daun pandan.

Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Kipas Daun Pandan

Sekilas tentang Daun Pandan

Daun pandan pada umumnya digunakan sebagai bahan pewarna alami atau penyedap makanan. Namun, pandan merupakan tanaman nonkayu yang termasuk serat alam sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan membuat kerajinan. Saat ini, beberapa pengrajin juga memanfaatkan pandan sebagai bahan membuat kerajinan yang menarik. Hal ini semakin menambah nilai guna daun pandan sebagai produk alam yang bermanfaat bagi manusia.

Salah satu bentuk kerajinan dari daun pandan adalah kipas. Kipas merupakan alat yang dibutuhkan tidak saja untuk menjaga sirkulasi udara menjadi lebih segar, tetapi juga dapat dijadikan sebuah souvenir yang menarik dan indah. Oleh karena itu, untuk memperindah kipas, salah satu carany adalah melalui penggunaan bahan serat alam, yaitu daun pandan wangi.

Bahan dan Alat

  1. Gergaji atau cutter, spidol, pensil, dan jarum jahit.
  2. Bambu, kertas, anyaman pandan, pernis, dan benang.

Tahapan Proses Produksi

Berikut tahap-tahap dalam pembuatan kipas. Adapun tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut!
  1. Siapkan potongan bambu dengan ukuran panjang 27 cm, lebar 1 cm, tebal 3 mm yang sudah diserut hingga bersih. Selanjutnya, bagian ujung bambu dibuat lebih mengecil hingga lebarnya menjadi 0,5 cm sepanjang 2 cm.
  2. Siapkan kertas berbentuk oval dua buah sebagai pola untuk memotong anyaman pandan.
  3. Siapkan anyaman pandan berbentuk oval dua buah dengan ukuran sekitar 18 x 15 cm dan persegi panjang yang panjangnya berbentuk oval dengan lebar 10 cm. Cara memotong pandang sebaiknya dilakukan menggunakan pola dari kertas yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Satukan pegangan kayu bambu pada kertas karton oval yang telah dilapisi anyaman pandan menggunakan lem.
  5. Bungkuslah karton yang berbentuk oval dengan anyaman melalui cara dilem, kemudian tempelkan karton tersebut pada pegangan kipas yang tidak terbungkus anyaman. Bungkuslah pula bambu yang berfungsi sebagai pegangan kipas dengan anyaman pandan sepanjang 10 cm dengan cara dilem.
  6. Setelah itu, permukaan bentuk karton oval dibaliknya dibungkus semua dengan anyaman oval.
  7. Agar mendapatkan hasil yang rapi, langkah selanjutnya adalah menutupi bagian tepi keliling lingkaran kipas sehingga menjadi rapi dengan mengelem anyaman pandan yang telah disiapkan sebelumnya.
  8. Finishing dapat dilakukan dengan mengecat permukaan pandan dengan menyemprotkan malamin secara merata sehingga warna kipas asli masih terkesan alami. Setelah cat kering sempurna, kipas pun siap digunakan.

Membuat boneka gajah akar wangi di link berikut ini!


Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahan, Alat, dan Tahapan Proses Membuat Kipas Daun Pandan