Pembelajaran Prakarya Kurikulum 2013 Revisi 2017

Seni Rupa Bali | Seni Rupa Indonesia SMA Kelas 10 (Revisi)

Daftar Isi [Tampil]
seni rupa | Bali sebagai bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dalam seni dan budayanya. Berbeda dengan Jawa dan daerah lainnya, Seni dan budaya tradisi di Bali bagai sebuah garis lurus yang tidak pernah terputus karena adanya perubahan. Pengaruh budaya dari luar yang masuk dijadikan sebagai sumber pengembangan dalam satu nafas bingkai khas Bali. Oleh karenanya apapun yang masuk ke Bali akan menjadi Bali. 

Seni Rupa Bali | Seni Rupa Indonesia SMA Kelas 10 (Revisi)

Sebagai contoh dalam hal seni rupa, prinsip-prinsip seni rupa Barat diperkenalkan pada tahun 1930an oleh seniman Belanda dan Jerman yaitu Bonnet dan Walter Spies, seni rupa asli bukan menjadi pudar malah mengalami perkembangan pesat karena tumbuh subur seni baru yang mencairkan kebekuan tradisi. Dengan demikian perlu diketahui dan dipelajari bagaimana masyarakat/seniman Bali secara alami mengadopsipengaruh budaya dari luar dengan tidak meninggalkan ciri khas yang telah mengakar dan dimiliki selama berabad-abad.

Seni rupa Bali kuno baru diketahui dari beberapa peninggalan yang diketemukan antara lain berupa hiasan pada nekara di Desa Pejeng. Hiasan tersebut berupa garis, bentuk geometris dan muka manusia mengenakan hiasan telinga .Selanjutnya perkembangan seni rupa diperkirakan setelah Agama Hindu berkembang di Bali sekitar abad ke-8 dengan berdirinya Candi Besakih di lereng Gunung Agung. Seni rupa berkembang semakin intensif setelah adanya hubungan kerajaan Bali dan Jawa serta mencapai puncaknya ketika Majapahit meluaskan kekuasaannya di Bali dengan pusat pemerintahan di Klungkung. 

Seni ukir logam dan seni lukis berkembang pesat di Desa Kamasan Klungkung tidak lepas pula dari peran raja pada waktu itu. Tema-tema yang dilukiskan menyangkut ajaran-ajaran agama yang banyak diambil dari epos Mahabaratha dan Ramayana (gb.63a), selain itu adapula yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari yang disebut reroncodan, namun tema ini jarang dibuat. Tema lain yang unik adalah mengenai ka lender yang terdiri dari pelelintangan atau perbintangan, wariga atau tika yaitu baik buruknya hari, pewatekan mengenai perwatakan seseorang, dan pelelindon tentang makna gempa bumi.

Agama Hindu memberikan inspirasi kepada para seniman untuk menciptakan berbagai bentuk seni, oleh sebab itu seni memiliki hubungan yang sangat erat dengan agama. Seni lukis dan patung misalnya, banyak digunakan dalam kegiatan keagamaan seperti upacara Dewa Yadnya, Bhuta Yadnya dan Manusa Yadnya. Seni lukis banyak digunakan untuk mengilustrasikan perbintangan, mendidik moral masyarakat menghias tempat pura dan istana.

Khusus untuk konsep ruang, di Bali menggunakan klasifikasi dua dan tiga. Hal ini paling sering dijumpai dalam seni arsitektur, tata ruang desa, dan tempat tinggal semuanya mengacu kepada manusia sebagai mikrokosmos. Manusia itu simetris kiri kanan, dan terdiri dari bagian kaki, badan, dan kepala degan orientasi vertikal. Tempat suci misalnya, ruang terbagi menjadi tiga, jabaan (ruang bagian luar) sebagai tempat hiburan; jaba tengah (ruang bagian tengah) tempat peneriamaan tamu, persiapan ritual; dan jeroan ( ruang bagian dalam) sebagai ruang yang paling suci berfungsi sebagai tempat sembahyang. 

Untuk tata ruang desa terdiri dari palemahan (sawah, ladang, kebun, hutan, binatang), pawongan (tempat tinggal manusia), parhyangan (tempat suci pemujaan). Orientasi arah penataan membujur utara-selatan atau timur-barat, utara dan timur merupakan arah yang suci bagi umat Hindu Dharma dan pertemuan utara dan timur adalah timur laut sebagai arah yang paling sakral.Utara dianggap suci, dimungkinkan karena konsep zaman purba bahwa utara sebagai tempat tinggi, tempat tinggi adalah gunung tempat bersemayamnya para leluhur dan roh suci. Di Bali digunakan Gunung Agung sebagai otientasi arah utara. Selanjutnya timur bagi umat Hindu merupakan pusat alam semesta, mulainya kehidupan karena dari timur matahari bersinar yang memberi energi bagi kehidupan di bumi. Demikian konsep pembagian ruang di Bali yang mempengaruhi karya seni terutama yang berhubungan dengan keagamaan.

Selain itu, ada hal yang berhubungan dengan seni adalah taksu.Taksu sebenarnya tidak hanya berlaku bagi profesi berkesenian, fenomena ini dapat berlaku bagi setiap orang. Apabila ia seorang penari ketika di atas panggung ia sangat menarik, yang tidak cantik menjadi nampak cantik, yang lucu menjadi sangat lucu. Jika ia seorang seniman seni rupa karya-karyanya memiliki bobot, apabila ia seorang politikus kata-katanya memukau banyak orang ketika berpidato. Jadi taksu merupakan suatu kekuatan yang ada pada diri seseorang yang dapat meningkatkan kualitas kinerjanya. Taksu ada yang dibawa sejak lahir, ada pula yang didapat dengan melakukan treatment spiritual tertentu (nglakoni) yang dituntun oleh seorang ahli dalam hal itu. Namun, semuanya itu tergantung pula dari anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa.

Unsur rupa seperti bentuk dan warna dalam seni lukis semuanya memiliki pedoman yang baku, sehingga penampilan seni lukis ini memiliki kesamaan. Bentuk karakter tokoh dibedakan menjadi dua yaitu karakter halus dan karakter keras. Mereka dibedakan secara fisik terutama dari bentuk mata dan mulut, kedua unsur ini segera dapat dikenali karena karakter halus digambarkan dengan mata sempit, dan mulut tersenyum serta warna kulit terang seperti kuning oker atau putih. Sebaliknya karakter keras digambarkan dengan mata bulat melotot , mulut bertaring dan warna kulit coklat tua. Bentuk karakter halus adalah untuk menggambarkan tokoh kesatria, dan dewa; sedangkan bentuk karakter keras yang meng-gunakan taring adalah untuk menggambarkan raksasa dan yang tidak menggunakan taring adalah kesatria seperti Bima. Penggambaran ini berlaku juga untuk tokoh punakawan, rakyat biasa, dan binatang. Misalnya punakawan dari pihak kesatria memiliki mata sipit, sebaliknya punakawan dari pihak raksasa matanya bulat. Semua bentuk binatang memiliki mata bulat dan binatang buas mulutnya bertaring.

Seni patung dan relief banyak digunakan dalam menghias pura, amat jarang dijumpai patung dewa seperti zaman Hindu di Jawa. Tradisi seperti ini mencair ketika bangsa-bangsa Eropa masuk ke Bali. Mereka menemukan seni dan budaya masyarakat Bali yang unik dan alamnya yang indah, sehingga menarik perhatian banyak seniman Eropa berkunjung ke Bali bahkan menetap dan kawin dengan penduduk setempat. Di antara seniman yang tertarik dan tinggal di Bali dan peduli terhadap pengembangan seni dan budaya Bali ialah Walter Spies dari Jerman dan Rudolf Bonnet dari Belanda, belakangan disusul oleh Arie Smith. Spies dan Bonnet bersama dengan penguasa di daerah Ubud Cokorda Gede Agung mendirikan perkumpulan seniman bernama Pitamaha. Dalam perkumpulan ini Spies dan Bonnet memperkenalkan materi dan teknik melukis ala Eropa seperti cat minyak, prinsip anatomi dan perspektif.

Dalam perkumpulan itu ada beberapa seniman Bali yang bergabung di antaranya ialah I Gusti Nyoman Lempad, Anak Agung Gede Sobrat, I Gusti Ketut Kobot, I Gusti Made Deblog, Ida Bagus Made. Lukisan tradisional Bali (sumber: Koleksi Presiden Soekarno dan Bali Traveler Guide. Patung tradisional Bali penghias pintu gerbang pura (sumber: Bali Traveler Guide) dan lain-lainnya. Setelah mempelajari konsep berkarya seni rupa ala Barat, perubahan terjadi dalam tema dan teknik melukis maupun mematung. Tema melukis yang tadinya hanya menyangkut tentang keagamaan berubah menjadi tema kehidupan sehari-hari. Ida Bagus Made menggambarkan seni pertujukan dalam rangka hari suci di pura, begitu pula Anak Agung Gede Sobrat menggambarkan kegiatan ritual di dalam pura yaitu ketika seorang pemangku memercikkan air suci tirta kepada orang yang telah selesai melakukan persembahyangan. Teknik melukis yang dikembangkan sebenarnya teknik half tone, namun di Bali disebut teknik abur-aburan.

Tahap melukisnya cukup sederhana, pertama membuat sketsa (ngreka) di atas kanvas dengan pensil, selanjutnya sket dipertebal dengan tinta menggunakan pena terbuat dari bambu, kegiatan ini disebut nyawi. Tahap berikutnya adalah menerapkan warna hitam memberikan tone gelap terang sehingga menimbulkan kesan volume pada obyek benda dan ruang kedalaman pada ruang negatif. Selanjutnya memberikan warna pada obyek dan latar belakang, serta memperjelas kembali tone gelap terang dan terakhir memberikan penekanan dengan warna putih (highlight) pada bagian-bagian tertentu yang dianggap paling terang pada obyek disebut nyenter.

Berbeda dengan Lempad dan Kobot. Lempad memiliki ciri khas karena lukisannya tidak diberi warna, ia masih mempertahankan teknik melukis tradisional yang disebut sigar mangsi yang sebenarnya adalah gradasi warna hitam putih. Ia hanya mempertebal garis tepi obyek yang dilukis, namun tema-temanya sudah menggambarkan kehidupan sehari-hari. Kobot masih melukiskan tema keagamaan tetapi teknik melukisnya adalah teknik abur-aburan. Ciri khas Kobot adalah sedikit menggunakan warna dan yang dominan adalah tone hitam putihnya. Teknik melukis ini kemudian disebut sebagai gaya Ubud yang berkembang hingga saat ini.

Perkembangan seni lukis terjadi tidak hanya di Ubud, di luar Ubud juga mengalami perkembangan antara lain di Desa Batuan, Sanur dan Denpasar. Di Batuan dipelopori oleh I Gusti Wija dan I Nyoman Djata, gaya lukisannya agak berbeda dengan Ubud walaupun proses melukisnya sama. Gaya Batuan bentuk-bentuknya lebih kecil dan tone hitam lebih kuat. Sebenarnya di Denpasar dan Sanur juga pernah berkembang seni lukis yang berpijak dari seni lukis tradisional namun sayang tidak dapat berlanjut. Salah satu tokohnya ialah I Gusti Made Deblog dengan ciri khas lukisannya hanya menggunakan hitam putih dan cenderung surealistik.

Seiring dengan berkembangnya seni lukis, dalam bidang seni patung juga mengalami perkembangan hanya personal yang mengembangkan tidak sebanyak dalam bidang seni lukis. Di antara tokoh pembaharu seni patung di Bali yang terkemuka angkatan Pitamaha adalah Ida Bagus Nyana dan I Nyoman Cokot. Gaya mereka sangat berbeda walaupun sama-sama berangkat dari seni tradisi dan menggunakan bahan kayu, hasil akhirnya berbeda. Ida Bagus Nyana mengembangkan seni patung tradisi dengan menstilasi, memanjangkan bentuk dan tekstur permukaan patung sangat halus, sedang I Nyoman Cokot memilih kayu-kayu dan akarnya yang telah keropos dimakan rayap. Imajinasinya mengikuti image-image yang timbul dari sosok kayu yang dipahatnya, serta image Cokot lebih bernafaskan seni patung primitif dan magis dengan tekstur permukaan kasar memberikan ekspresi sangat kuat.

Perkembangan seni lukis berikutnya adalah lahirnya gaya Young Artist. Pada tahun 1960-an, Arie Smith juga seorang seniman lukis dari Belanda melakukan eksperimen dengan memfasilitasi anak-anak petani di Desa Panestanan Ubud dengan menyediakan bahan dan alat untuk melukis. Mereka dibiarkan melukis dengan caranya sendiri, akhirnya lahir gaya seni lukis baru berbeda dengan gaya ubud sebagai pendahulunya.Lukisan Young Artist ditandai dengan warna-warna yang segar karena intensitasnya tinggi dan bentuk-bentuknya datar dan naif layaknya bentuk yang dibuat oleh anak-anak pada umumnya. Tema-tema yang dilukiskan meliputi suasana lingkungan hidup di Bali. Uniknya walaupun bebas menentukan pilihan teknik dan tema, masih menyimpan ciri khas Bali.

Periode berikutnya, pada tahun 1960 - 1970 generasi muda Bali banyak yang melanjutkan ke sekolah-sekolah perguruan tinggi seni di Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar. Hal ini berdampak pada perkembangan seni rupa di Bali, karena seniman-seniman yang lahir secara akademis ini diwarnai oleh kebebasan dan kreativitas mencipta dan estetika tinggi. Ada yang masih menggali ciri-ciri Bali, ada pula yang lepas bebas sepenuhnya.Beberapa seniman akademis terkemuka di Bali diantaranya ialah I Nyoman Gunarsa, I Made Wianta, I Made Jirna, I Nyoman Erawan dan lain-lainnya. Sementara seni lukis Bali modern berkembang sangat cepat, namun pematung Bali modern tidak sebanyak pematung tradisional, namun demikian ada pematung Bali terkemuka dan mengerjakan proyek raksasa Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua Bali ialah I Nyoman Nuarta tinggal di Bandung memperkuat kasanah seni patung Nasional.

I Nyoman Gunarsa terkenal karena lukisannya yang ekspresif dengan spontanitas tinggi. Obyek lukisannya banyak menampilkan seni budaya Bali seperti seni pertunjukkan dan mitos-mitos berasal dari cerita Hindu. Tema seni pertunjukan banyak melukiskan tentang seni tari dengan warna-warna ceria. Salah satu tema mitologi yang ia ungkapkan adalah tentang Kalarahu . Mitos ini juga ada di Jawa, yaitu menyangkut tentang terjadinya gerhana matahari dan bulan. Kejadiannya merupakan lanjutan dari mitos Pemutaran Gunung Mandara Giri yang dilakukan oleh para dewa dan rakasasa, tujuannya adalah untuk mendapatkan air Amerta Kamandalu atau air kehidupan untuk hidup abadi. 

Setelah amerta keluar diperbutkan oleh para dewa dan raksasa yang pada akhirnya dikuasai oleh para dewa. Ketika Dewa Siwa membagi-bagikan air tersebut kepada para dewa, seorang raksasa menyelundup dengan berubah wujud menyerupai dewa. Pada saat ia kebagian amerta diketahui oleh Dewa Surya (Matahari) dan Dewi Ratih (Bulan) dan melaporkannya kepada Dewa Wisnu, seketika itu senjata cakranya yang ampuh dilempar dan memenggal kepalanya. Karena amerta telah sempat diminum hingga tenggorokan kepalanya tetap hidup dan badanya mati. Sejak itu Kalarahu terus dendam kepada Dewa Surya dan Dewi Ratih dan selalu mengejarnya, ketika sempat ditangkap dan ditelannya kedua dewa itu keluar lagi lewat tenggorokannya Kalarahu. Sebenarnya mitos tersebut sebagai suatu cara menjelaskan tentang keabadian sang waktu.

Berbeda dengan Gunarsa yang lukisannya eskpresif dua dimensi, Erawan terkenal karena kolase dan seni instalasinya. Sejak masa kuliah ia selalu mencari bahan alternatif untuk melukis misalnya dengan Judul Bingkai Rusak, ia menggunakan bingkai rusak atau sengaja dirusak dan dibakar untuk mendapatkan kesan artistik. Berbeda dengan Gunarsa yang lukisannya eskpresif dua dimensi, Erawan terkenal karena kolase dan seni instalasinya.

Demikianlah yang dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi tentang artikel di atas. Dan harapannya, kiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami isi artikel yang yang admin bagikan di atas. Selamat belajar dan berkreasi buat anak didik semuanya, moga-moga hasil prakarya kalian menarik dan mendapatkan nilai terbaik dari semua kerajinan yang ada. Dan yang paling utama adalah kalian diharapkan menjadi seniman-seniman yang luar biasa nantinya. Sukses selalu buat kalian semua dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan salam sukses.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Seni Rupa Bali | Seni Rupa Indonesia SMA Kelas 10 (Revisi)